Bebas VISA bagi pemegang passport Indonesia

Passport Visa2 
Anda punya rencana bepergian ke luar negeri? Untuk bisa sampai ke sana disamping harus memiliki paspor dengan minimal masa laku 6 bulan, Anda mungkin juga harus menyiapkan VISA dari negara yang dituju. Visa adalah dokumen yang dikeluarkan oleh suatu negara yang memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Visa biasanya distempel atau ditempel di paspor penerima (lihat gambar di samping).

Kebanyakan negara membutuhkan kepemilikan visa asli untuk dapat masuk bagi warga negara asing, meskipun ada skema lain. Namun beberapa negara membebaskan visa bagi pemegang passport dari negara-negara yang disepakati, atau biasa disebut Bebas Visa. Fasilitas bebas visa ini biasanya hanya diberlakukan untuk kunjungan singkat dan bukan untuk keperluan seperti bekerja, sekolah, berbisnis. Untuk keperluan lainnya tetap diperlukan pengajuan visa ke kedutaan, konsulat atau perwakilan yang ditunjuk negara yang dituju.



Daftar di bawah memuat negara-negara yang membebaskan visa bagi pemegang passport Indonesia. Bebas visa berarti Anda hanya perlu passport untuk memasuki negara tersebut. Visa on Arrival (VoA) sebenarnya bukan bebas murni karena Anda harus mengurus visa saat kedatangan di bandara tujuan dengan membayar sejumlah uang. VoA ini hanya berlaku untuk kunjungan singkat seperti untuk turis atau kunjungan sosial.
RegionNegaraJenisLamaKeterangan
Asia
Brunei DarussalamBebas14 hari
KambojaVisa on Arrival30 hari
Hong KongBebas30 hari
IranVisa on Arrival7 hariDengan Sponsor
YordaniaBebas30 hari
LaosVisa on Arrival15 hari
MakauBebas30 hari
MalaysiaBebas30 hari
MaladewaVisa on Arrival30 hari
FilipinaBebas21 hari
NepalVisa on Arrival30 hari
SingapuraBebas30 hari
Sri LankaVisa on Arrival30 hari
ThailandBebas30 hari
Timor LesteVisa on Arrival30 hari
VietnamBebas30 hari
OmanVisa on Arrival30 hari
Afrika
MarokoBebas30 hari
MesirVisa on Arrival30 hariStudent Card Universitas di Mesir
SeychellesBebas30 hari
Oceania
FijiBebas120 hari
GuamBebas14 hariGuam Visa Waiver Program
MicronesiaBebas30 hari
PalauVisa on Arrival30 hari
Amerika Selatan
ChileBebas90 hari
KolombiaBebas90 hari
PeruBebas90 hari
Fasilitas bebas visa bagi pemegang passport Indonesia ini ternyata lebih sedikit dibandingkan jumlah negara yang diberikan fasilitas yang sama oleh pemerintah Indonesia. Kesepakatan ini tergantung diplomasi departemen luar negeri dan dengan pertimbangan masing-masing negara. Dengan demikian tidak berlaku azas resiprokal sepenuhnya.

Sebagai tambahan pastikan bahwa passport Anda memiliki masa laku minimal 6 bulan. Sebelum mengurus VoA sebaiknya Anda menyiapkan mata uang lokal atau dollar Amerika.

Komentar

  1. Paspor Indo bikin bete!

    Kejadian ini udah menimpa gue berulang kali. Tiap mau liburan, pusing mikirin visa. Gara2nya cuma satu: Indonesia adalah negara teroris! Kemana2 harus terdaftar, harus pake ijin2an.. wadoohh..!!

    Tiap mau minta visa, khusus untuk negara Indonesia tercinta ini, manusianya harus datang langsung ke kedutaan yang bersangkutan. Nongolin muka. Kagak ada dah yang namanya apply visa online, free visa, visa waiver.. Semua musti manual. Plus seabreg2 dokumen yang bikin kantong terkuras. Dari mulai rekening bank, tiket booking, hotel booking, travel insurance, potokopi segala macem.. ih!

    Yang bikin lebih parah lagi nih, beberapa kedutaan besar cuma ada di Jakarta. Secara gue berdomisili di Singapur. Masa gue musti ke Jakarta dulu, bikin visa, trus balik singapur lagi.. emangnya Jkt-Sin sama dengan Pondok Gede - Kampung Melayu??

    Coba nih, pikir kasus gue... Gue mau pergi ke Milan, trus ke Venice, nyebrang ke Croatia, balik lewat Itali lagi trus ke Switzerland. Naaaah... itu 3 negara tuh masing2 musti pake visa yang berbeda-beda. Switzerland dan Croatia bukan termasuk EU, jadi visanya beda. Trus si Croatia kedutaannya cuma ada di Jakarta. Visa EU nya harus yang multiple entry. Dan khusus untuk Indo, prosesnya bisa memakan waktu 3 minggu. Pusing gak tuh?

    Kalo udah gini, pengen banget gue pindah kewarganegaraan. Tuker paspor. Udah sampe ke ubun2 nih.. Jelek2 begini, Singapur lebih diterima di banyak negara ketimbang Indo. Ke Cambodia aja nih, Indonesia harus pake visa, padahal sesama anggota ASEAN. Ke Emirates, harus pake visa, padahal sesama negara muslim. Singapur tuh enggak !!

    Temans, bukannya gue nggak cinta negara sendiri, tapi pegang paspor Indo bikin gue bete!!

    BalasHapus
  2. Setujuuuuuuuu bgt........itu jg yg gw SERING alamin. Selain gw jg suka travelling n gw jg suka ikut suami gw yg orang Singapore utk bussines trip ke berbagai negara n benua. Tapiiiiiii gw udah BT bgt kalau udah berhadapan dengan urusan VISA. Males,ribet n lamaaaaa nya itu lho'....ga kayak suami gw yg tinggal berangkat aja tanpa mikirin visa.... Ya beginilah nasib si Passport Hijau :((

    BalasHapus
  3. Vietnam visa comes with different validity periods. There are multiple entry visas with one month validity which allows the visitor to exit and enter the country several times within the stipulated one month duration Or many Visas Available At www.greenvisa.io/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terlupakan

Istilah penting di dunia Booking tiket

Tempat menarik di Singapura