Hanya perlu satu kartu untuk menjelajahi Singapore

EZlink Card 

Singapore adalah salah negara dengan sistem tranportasi umum sangat baik di dunia. Mass Rapid Tranportation (MRT) diwujudkan dengan jaringan kereta yang hampir menjangkau ke seluruh pelosok pulau ini. Ada 3 jalur MRT yakni East West (EW), North-South(NS) dan North-East(NE). Jalur EW menghubungkan Joo Koon hingga Pasir Ris dan Changi. Jalur NE menyambung antara Boon Lay dan Marina Bay. Jalur NE adalah yang terbaru yang menghubungkan Harbour Front hingga Punggol. Ketiga jalur itu tersambung satu sama lain di beberapa stasiun sehingga penumpang dapat berganti kereta. Disamping kereta, transportasi masih ada bus-kota dan LRT. Dan uniknya untuk ketiga moda ini Anda hanya perlu memiliki satu kartu saja, EZ Link.



EZ link adalah kartu prabayar yang dapat diisi ulang dan dapat dengan mudah diperoleh di loket-loket MRT. Kartu perdana ini diperoleh seharga 15 dollar Singapore yang 5 dollar diantaranya sebagai deposit. Deposit ini akan dikembalikan jika kartu dikembalikan. Untuk isi ulang Anda juga dapat memanfaatkan mesin-mesin di stasiun MRT dengan minimal isi ulang sebesar 10 dollar. Apa kemudahan kartu ini?
  • Dapat digunakan pada berbagai moda angkutan yakni MRT, LRT dan bus kota. Artinya Anda tidak perlu lagi membeli tiket satu-satu untuk masing-masing moda angkutan tersebut. Anda cukup simpan di dompet karena mesin pembaca dapat mengenalinya tanpa mengeluarkan kartunya. Penggunaan di berbagai moda inilah yang membedakan dengan sistem angkutan kota yang ada di Bangkok.
  • Tarif lebih murah. Kartu ini menawarkan tarif lebih murah dibandingkan dengan jika Anda bayar dengan kartu reguler.
  • Tidak perlu uang cash. Ini sangat memudahkan karena Anda tidak perlu harus menyiapkan uang untuk membayar perjalanan Anda. Bahkan beberapa bus sudah tidak lagi menerima pembayaran cash.
  • Masa laku kartu cukup lama hingga 5 tahun. Jika Anda sering bepergian ke Singapore Anda dapat menyimpan kartu ini untuk digunakan di waktu mendatang.
Disamping digunakan oleh turis, kartu ini sangat populer bagi warga Singapore sendiri. Kemanapun aktifitas mereka kebutuhan transportasinya dapat dipenuhi dengan hanya memakai kartu ini. Sebagian pekerja Singapore masih memanfaatkan sepeda kayuh untuk sampai ke stasiun terdekat. Sepeda-sepeda itu ditempatkan di sekitar stasiun dan tempat sepeda dengan pengait kunci disediakan.

Singapore MRT

Jaringan MRT juga menghubungkan Changi International Airport dengan rute MRT lain. Station berada di Terminal 2 & 3. Untuk mencapai tujuan lain di Singapore penumpang dari Changi harus transit di Tanah Merah Station untuk tersambung dengan jalur hijau (East-West). Nah hanya dengan satu kartu ini Anda dapat menjelajahi Singapore, mulai dari airport ke tujuan lain di Singapore. Mudah bukan? Tambahan informasi, per 1 Oktober 2009 ini diberlakukan sistem kartu baru. Jika Anda memiliki kartu lama maka kartu itu sudah tidak lagi berlaku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terlupakan

Istilah penting di dunia Booking tiket

Tempat menarik di Singapura