Istilah penting di dunia Booking tiket

  • Return Flight. Selau beli tiket pulang-pergi. Membeli tiket one-way pasti jatuhnya lebih mahal, kecuali menggunakan low-cost airlines. Tentukan tanggal berangkat dan tanggal pulang langsung. 
  • Connecting Flight. Ini berarti Anda akan transit di airport dan menunggu beberapa jam untuk melanjutkan perjalanan. Bisa jadi termasuk ganti pesawat. Bagasi Anda akan ditransfer otomatis. Pastikan cuma perlu 1 connecting flight (2 connecting biasanya menghabiskan waktu banyak)
  • Stop-over. Ini adalah fasilitas ‘rahasia’ yang tidak banyak orang tahu di saat booking. Jika Anda ingin tinggal satu malam atau lebih di kota ‘connecting flight’, maka ini dinamakan stop-over, bukan transit lagi. Baca terms and conditions di website airlines untuk jelasnya. Contohnya Jakarta ke Shanghai, connecting di Hong Kong. Jika ingin jalan-jalan di Hong Kong, Anda tidak perlu beli tiket terpisah CGK-HKG dan HKG-PVG, tetapi carilah airlines yang mempunyai hub di Hong Kong, dan minta stop-over sebanyak yang diinginkan (biasanya tidak lebih dari 7 hari). Tidak semua airlines ada fasilitas ini.
  • Open Jaws. Ini berarti pergi dan pulang tidak harus dari kota yang sama. Contohnya Anda beli tiket pp Bangkok ke London, tetapi pulangnya dari Amsterdam Schipol ke Bangkok (Urusan London ke Amsterdam berarti lain soal). Metode ini bisa jadi pengiritan karena Anda tidak harus kembali ke kota asal di akhir perjalanan. Dan lagi-lagi tidak semua airlines ada fasilitas ini.

Komentar

  1. Ada lagi yang patut diwaspadai.. sebagian besar Budget Airlines (Low Cost Carrier) tidak menyediakan fasilitas Luggage Transfer dan Transfer Counter (transfer counter memberikan boarding pass untuk penerbangan selanjutnya).

    Contohnya: AMS-SIN naik KLM, transfer ke CGK (Jakarta) naik Air Asia. Setelah sampai di Singapur, harus keluar imigrasi, ambil bagasi, cek in lagi.

    Masalah terjadi kalau:
    1. Tidak punya visa masuk Singapur (atau negara lain di mana anda harus keluar imigrasi)
    2. Tidak cukup waktu (tight connection) untuk mengejar pesawat berikutnya
    3. Incoming flight delayed. Karena Low Cost Carrier dan Full Cost Carrier tidak mendukung satu sama lain, kemungkinan besar anda harus beli tiket baru kalau ketinggalan penerbangan berikutnya

    Sebaiknya anda menanyakan soal ini sejelas-jelasnya untuk menghindari masalah yang tidak perlu. Tapi parahnya, kebanyakan travel agent juga tidak tahu..

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk infonya :) Akan sangat bermanfaat untuk di perjalanan saya nanti.

    BalasHapus
  3. Hello,
    I came across your website and found it very enjoyable. I just had a couple of questions so if you could e-mail me back that would be great!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terlupakan

Tempat menarik di Singapura